Selasa, 02 Desember 2014

KOMPONEN VEKTOR




Dua atau lebih vektor dapat dijumlahkan atau dikurangkan yang akan menghasilkan vektor tertentu. Selain itu, sebuah vektor juga dapat diuraikan ke dalam komponen-komponen vektor penyusunnya, yaitu komponen vektor pada arah sumbu X dan komponen vektor pada arah sumbu Y.

Ilustrasi berikut akan memperjelas bagaimana sebuah vector dapat diuraikan ke dalam komponen-komponen vektor penyusunnya.



















Dari gambar di atas diketahui bahwa vektor A dapat diuraikan menjadi komponen-komponen vektor penyusunnya, yaitu AX pada arah sumbu X dan AY pada arah sumbu Y. Sedangkan vektor B dapat diuraikan menjadi komponen-komponen vektor penyusunnya, yaitu BX pada arah sumbu X dan BY pada arah sumbu Y.


Berikut ini contoh cara menentukan besar dan arah komponen vektor.

 

 















Dari gambar di atas, vektor A memiliki besar/nilai 5 satuan. Komponen-komponen vektornya adalah AX sebesar 4 satuan searah sumbu X positif (X +)dan AY sebesar 3 satuan searah dengan sumbu Y positif (Y +). Sedangkan vektor B memiliki besar/nilai 4√2 satuan  memiliki komponen-komponen vektor, yaitu BX sebesar 4 satuan searah sumbu X negativf (X -)dan BY sebesar 4 satuan searah sumbu Y negatif(Y -)

download dalam bentuk pdf (klik di sini).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar